Permainan Gobak Sodor (Cakbur)

     Caaakbuuurrr !!! kacang bubur !!!..., begitu teriakan kami mengawali permainan ini, dan yang mengucapkan kata-kata "caaakkkbuuurrr..." adalah tim penyerang, yang memiliki kebebasan berlari di areal permainan. Dahulu semasa kecil, kami sangat menyukai permainan ini, karena permainan ini memiliki tantangan yang sangat mengasyikkan dan dapat melatih kekompakan para pemain dalam tim. 
Permainan tradisional Cakbur atau Gobak Sodor (Galasin) 
     Oh ya, kami adalah anak-anak dari kota Pekanbaru, yang biasanya kami menyebut permainan ini dengan nama Cakbur atau dalam bahasa Indonesia populernya biasa disebut dengan nama Gobak Sodor atau Galasin atau Galah Asin, dan selanjutnya dalam blog ini kita sebut aja permainan ini dengan nama Cakbur
   Cakbur adalah sejenis permainan tradisional daerah dari Indonesia. Permainan ini sangat populer sekali di era tahun 90'an, sehingga generasi yang dibesarkan pada tahun tersebut pastilah mengenali jenis permainan tradisional ini. 
     Permainan ini adalah sebuah permainan yang melibatkan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainan ini adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
    Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan, baik itu lapangan sepakbola, lapangan volly atau lapangan bulu tangkis, dengan acuan garis-garis yang sudah ada atau bisa juga dengan membuat garis baru menggunakan kayu yang ditorehkan/digariskan ke tanah hingga membentuk kotak-kotak yang dihubungkan oleh garis-garis tersebut. Sedangkan garis pembatas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur atau patok dari kayu. 
    Dalam aturan permainannya, anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi menjadi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horizontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horizontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Begitu juga halnya bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang, atau yang biasa disebut induk), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.
Pola Permainan Tradisonal Cakbur atau Gobak Sodor (Galasin) 
    Oh ya, perlu diketahui bahwa meskipun permainan ini tergolong ke dalam kelompok permainan tradisional, tetapi karena adanya unsur olahraga dan seni dalam permainan ini, maka permainan ini sudah dimasukkan sebagai cabang olahraga dalam Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) yang setiap tahun diselenggarakan di kota Pekanbaru pada masa itu. Sehingga tak jarang, pertandingan Cakbur menjadi pertandingan favorit yang ditunggu-tunggu untuk disaksikan dalam even olahraga tahunan itu.