Permainan Mercon Banting dari Busi Bekas

Mungkin bagi sebagian orang yang lahir dan dibesarkan di era 80'an hingga 90'an, pasti kenal dengan permainan yang satu ini. Permainan ini adalah permainan musiman yang acapkali muncul di bulan puasa. Permainan ini oleh sebagian orang disukai dan adapula sebagian lainnya yang tidak menyukainya, dengan alasan permainan ini agak mengganggu, dan emang menggangu karena suaranya. Anak-anak di masa itu sangat menyukai permainan ini, baik itu laki-laki maupun perempuan. Permainan ini adalah permainan yang sangat sederhana, yang dibuat dari barang-barang bekas. Apakah gerangan permainan itu ?... Yap benar !!! permainan ini bernama "Permainan Mercon Banting"  atau "Mercon Busi". Mercon busi, dari asal katanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa mainan itu adalah mercon atau petasan yang terbuat dari busi motor atau busi mobil.
Kenyataannya di masa sekarang adalah pemerintah sudah melarang peredaran petasan, karena dianggap dapat mengganggu ketenangan umum, sehingga hal itulah yang menyebabkan permainan mercon busi ini tidak pernah lagi ditemukan di masa kini. Tapi menurut saya sebenarnya sayang sekali kalo permainan mercon busi ikut dilarang dimainkan, karena bisa dikatakan mercon busi adalah suatu permainan tradisional masyarakat indonesia yang melegenda, dan bisa dikatakan bahwa permainan ini adalah salah satu permainan anak-anak yang mengandalkan sisi kreatifitas dari si pemain. Gimana nggak, untuk bisa memainkannya saja, kita harus membuatnya terlebih dahulu, dari barang-barang bekas pula. Emang sih,  suaranya bisa bikin kaget, akan tetapi permainan ini sangat unik dan tidak terlalu berbahaya bila dibandingkan kita main petasan dari pabrikan. Sekarang memang dirasa sudah jarang sekali kita menemuinya, karena sekarang anak-anak lebih suka main Playstation dari pada permainan tradisional seperti ini. Hal itu pula yang menyebabkan sisi kreatifitas anak-anak zaman sekarang hilang, karena orangtua zaman sekarang lebih mengandalkan permainan buatan pabrik untuk dimainkan oleh anak-anak, ketimbang permainan buatan sendiri. 
Baiklah, selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit tentang cara pembuatan mercon busi ini. Adapun bahan-bahan yang dipergunakan dari permainan ini adalah : 
  • Busi motor atau besi mobil bekas.
  • Baut bekas.
  • Kawat bekas atau bisa juga menggunakan benen bekas. 
  • Tali rafia.
  • Korek api batang (sebagai bahan peledaknya).
Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
1. Kita hilangkan terlebih dahulu bagian elektroda tengah yang terbuat dari bahan keramik, dan bagian besi pemantik api yang berbentuk U dengan menggunakan obeng. Pecahkan bagian elektroda tersebut dengan cara mencungkilnya. Hati-hati pada saat mengerjakan bagian ini, karena pecahan elektroda yang dicungkil, dapat melanting dan mengenai mata.

2. Setelah bagian elektroda tengah dan bagian besi pemantik api yang berbentuk U terlepas, selanjutnya  kita pasang baut pada lubang elektroda tadi, dan kita ikat dengan kawat atau benen bekas agar saat di lempar tidak lepas. Usahakan menggunakan baut dengan ukuran yang sangat pas (padat masuk ke lubang busi), agar ketika meledak, mercon busi akan terpelanting tinggi.

3. Setelah itu, pada ujung mercon busi kita beri tali rafia yang kita bagi kecil-kecil atau dibuat menjadi rumbai tali rafia. Kegunaannya selain sebagai tempat pegangan mercon busi, sekaligus sebagai penyeimbang mercon busi ketika dilambungkan ke udara.


4. Nah, untuk memainkannya, kita hancurkan dulu 3 - 4 batang bagian kepala korek api untuk mengambil fosfor/belerangnya, batang korek api jangan sampai ikut masuk, karena hanya akan menjadi sampah. Setelah menjadi bubuk, masukkan fosfor/belerang tersebut ke dalam lubang busi, kemudian masukkan juga sedikit sobekan dari kertas tepi kotak korek api yang ada belerangnya, sabagai lawan fosfor/belerang dalam menghasilkan api, hingga berubah menjadi sebuah ledakan.


5. Langkah selanjutnya tutup lubang busi tersebut dengan baut. Pastikan bautnya tidak akan lepas saat kita lempar. Maka dari itu, sebelumnya busi dan baut harus disatukan dengan kawat atau benen bekas, tetapi jangan terlalu erat mengikatnya, beri kelonggaran sedikit, agar mudah di saat kita akan memasukkan fosfor/belerang ke dalam lubang busi. Setelah semuanya oke, tinggal kita lempar ke atas mercon busi tesebut, dan setelah sampai ke bawah otomatis baut akan memukul fosfor/belerang yang ada di dalam busi, sehingga terdengar seperti suara ledakan yang lumayan bikin kaget. Hahaha... seru khan...? Kadang-kadang klo kita maennya pas di jam orang tidur siang, maka siap-siaplah mendengar makian orang yang terganggu dengan suara ledakannya, klo udah gitu lari pontang-pantinglah kita jadinya, hahaha... LOL