Friday the 13th (TVRI 1990 - 1991)




     Film Serial Friday the 13th pernah ditayangkan di Stasiun TVRI pada tahun 1990 hingga 1991, setiap Malam Jumat sekitar pukul 20.00 WIB. Sebenarnya film ini adalah serial televisi horor produksi kerjasama Amerika dan Kanada. Pada awalnya film serial ini memiliki judul "The 13th Hour", namun sang produser Frank Mancuso, Jr,  memiliki pandangan lain bahwa serial ini akan menjaring lebih banyak penonton jika menggunakan judul yang lebih menggigit yaitu "Friday the 13th"
     Film serial ini sendiri bercerita tentang kisah seorang penjual barang-barang antik yang bernama Lewis Vendredi yang diperankan oleh R.G Armstrong yang telah melakukan perjanjian dengan iblis untuk menjual barang-barang antik kutukan di tokonya. Nah, sebagai imbalan atas kerjasama itu, Lewis mendapatkan kekayaan, kekuatan sihir dan keabadian dari sang iblis. Namun yang terjadi kemudian Lewis malah membangkang dan mengingkari perjanjianya, sehingga sang Iblis pun murka dan membunuh Lewis.
     Setelah kematian Lewis, toko barang antiknya secara hukum diwariskan kepada keponakannya Micky Foster yang diperankan oleh Louise Robey dan sepupu iparnya Ryan Dallion yang diperankan oleh John D. LeMay. Mereka kemudian menjual barang-barang antik kutukan di toko tersebut sebelum akhirnya dihentikan oleh Jack Marshak yang diperankan oleh Chris Wiggin. Jack adalah teman almarhum Lewis, seorang pensiunan penjelajah dunia, yang juga pengumpul dan pemasok barang-barang antik di toko Lewis (sebelum barang-barang itu dikutuk oleh iblis).
     Dalam perjalanan tayangnya, film serial ini kemudian berkembang dengan kisah perburuan Micky, Ryan dan Jack, untuk mendapatkan kembali barang-barang antik yang telah dijual tersebut. Dan seperti diketahui bahwa kebanyakan barang-barang tersebut sudah dimiliki oleh orang-orang yang kemudian mengetahui dan menggunakan kekuatan jahat yang ada didalamnya, dan pada akhirnya merekapun tidak mau mengembalikannya, padahal benda-benda antik tersebut telah dikutuk selalu meminta tumbal berupa jiwa manusia.
     Dulu waktu jaman-jaman tayangya film serial ini di TVRI, saya tu takut-takut mau kalo nonton film ini. Takut-takut, tapi mauuu... Jadilah akhirnya saya nontonnya sambil nutup mata, trus teriak kaget kalo ada adegan yang menakutkan, HWAAA !!!... Hahaha... LOL... ^^