Majalah Anak-anak Bobo (1973 hingga sekarang)

     Ini dia wujud cover Majalah Bobo yang pertama. Diterbitkan untuk pertama kali pada tahun 1973. Hehehe... saya aja belom lahir pada waktu itu, hadddeeehhh..., tapi gakpapalah kalo kita kulik dikit sejarahnya yaaa... 
Majalah Bobo Edisi 1 - 5 Tahun 1974
     Majalah Bobo terbit pertama kali pada tanggal 14 April 1973. Pada awalnya, majalah ini adalah halaman dari artikel anak-anak yang terdapat pada Harian Kompas. Atas ide dan prakarsa dari PK Ojong bersama Jakob Oetama, dua pentolan sekaligus pendiri Harian Kompas, maka halaman dari artikel anak-anak ini dikembangkan menjadi sebuah majalah anak-anak. Bekerja sama dengan cara membeli hak paten sebuah majalah dengan nama yang sama "Bobo" yang berasal dari Negeri Belanda, maka para pengasuh halaman anak-anak pada Harian Kompas ini kemudian menyulap halaman artikel itu ke dalam bentuk sebuah majalah anak-anak yang bernama Majalah Bobo.
    Pada awalnya, majalah ini terbuat dari kertas koran yang dicetak ke dalam bentuk 16 halaman, sudah termasuk cover. Tetapi, meskipun tipis, cetakannya sudah berwarna lho..., dan hal inilah yang membuat Majalah Bobo menjadi majalah anak-anak pertama yang dicetak berwarna. Pada masa itu konten yang ada pasti masih ringan, masih berupa beberapa cerita bergambar, beberapa cerita pendek, dan beberapa ulasan aktifitas anak-anak semisal mewarnai, menyambung titik, mengikuti garis, membedakan gambar, dan menebak gambar. Pada saat itu majalah ini belum memiliki artikel yang mengulas tentang ilmu pengetahuan dan liputan anak-anak. Harganyapun cuma Rp. 20,- (tapi untuk edisi pertama ini saja), dan untuk edisi selanjutnya harganya naik menjadi Rp. 35,-. Hehehe..., kalo dibawa ke jaman sekarang, harga segitu bisa buat beli tu majalah sampe bergudang-gudang kali yahhh ?... Hahaha... He-eh, miris yaa..., kalo sekarang dengan uang segitu kita enggak bisa beli apa-apa, lagi pula uang recehan kayak gituan udah nggak beredar lagi di jaman sekarang. Hehehe...
      Sebenarnya Majalah Bobo versi Indonesia adalah hasil adaptasi dari majalah asli dengan judul yang sama yang terbit tiap sebulan sekali di Negeri Belanda, yang diterbitkan oleh Penerbit Malmberg. Sedangkan Majalah Bobo edisi Bahasa Indonesia terbit seminggu sekali, yang diterbitkan oleh Kelompok Kompas GramediaPada masa-masa awal kemunculannya, Majalah Bobo versi Indonesia sebagian kontennya berasal dari bahan-bahan dari Majalah Bobo versi Belanda yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, sedangkan sebagiannya lagi meneruskan rubrik dari halaman anak-anak yang terdapat pada Harian Kompas. Adalah Adi Subrata dan Tinneke Latumeten, sosok yang pertama kali mengasuh majalah anak-anak ini.
     Di masa sekarang, konten dari Majalah Bobo Indonesia murni seluruhnya dibuat dan dikerjakan oleh Staf Redaksi Majalah Bobo Indonesia. Konten dan penampilannya pun semakin bervariasi, hanya nama dan karakter tokohnya utamanya saja yang tetap.
Majalah Bobo Versi Belanda (versi asli yang didaptasikan ke Bahasa Indonesia)
     Slogan Majalah Bobo adalah "Teman Bermain dan Belajar", karena majalah ini telah memberikan pendidikan melalui artikel-artikel yang menarik bagi anak-anak sekaligus mengandung unsur permainan yang kreatif. Adapun maskot sekaligus tokoh sentral dalam majalah ini adalah seekor kelinci berwarna biru yang bernama Bobo, yang selalu mengenakan kaos berwarna merah berinisial huruf B dan bercelana biru, yang tidak lain adalah merupakan tokoh dengan nama sama yang diadaptasi dari versi majalah aslinya.
Cover Majalah Bobo dari Masa ke Masa (1986, 1991, 2014)
     Majalah Bobo secara reguler membantu para pembacanya belajar dengan menyediakan artikel berisi soal-soal pelajaran SD dari kelas satu sampai kelas enam. Pelajaran yang dimuat antara lain adalah Pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Kewarganegaraan.
     Dari awal terbitnya majalah ini hingga sekarang, Majalah Bobo masih menampilkan cerita-cerita bergambar utama yang sangat digemari oleh anak-anak semisal Cerita Negeri Kelinci, Cerita dari Negeri Dongeng, Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang, dan Paman Kikuk, Husin dan Asta. Dan berikut adalah beberapa nama-nama rubrik utama yang masih ada di dalam Majalah Bobo :
1. Halo Apa Kabar Bo ?
2. Reportasia
3. Bobo File 
4. School Buzz 4. Profil
5. Cerita Misteri (cermis)
6. Cerita Pendek (cerpen)
7. Dongeng
8. Boleh Tahu
9. Halamanku
10. Arena Kecil Tak Disangka
11. Kreatif
12. Ensiklo Bobo
13. Keliling Dunia
14. Flora
15. Fauna
16. Info Bobo
17. Dear Nirmala
18. FB Friends' Story
19. Sayembara Bobo
20. Keliling Dunia
21. Potret Negeriku
22. Our English Page
23. Pengetahuan Film Televisi
24. Untuk Latihan Di Rumah
25. Semangat Ceriaku
26. Buku Pilihanku
     Hingga sekarang Majalah Bobo masih terbit dan memiliki konten yang lebih variatif lagi, sesuai dengan perkembangan zaman di masa kini. Media Sosial ikut dilibatkan dalam perkembangannya, hingga wajar saja konten dan penampilan majalah ini di masa sekarang jauh lebih berbeda dari pada masa pendahulunya, karena waktu dan teknologi selalu berputar dan berubah seiring berjalannya roda zaman. Setujuuu... Akuuurrr !!!...

^^