Losmen (TVRI)




Ini dia nih tontonan wajib tiap hari Rabu malam jam 21.30 WIB selapas Dunia Dalam Berita. Sebuah tontonan yang sangat ditunggu-tunggu pada masa itu era 80-an, masa dimana istilah sinetron belum ngetop, dan drama (fragmen) serial seperti inilah yang paling ditunggu-tunggu.
Losmen adalah drama serial asli Indonesia yang sangat ngetop, dan merebut banyak hati pemirsa televisi kala itu pada tahun 80-an. Serial ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Keluarga Pak Broto yang baru pensiun dan memutuskan untuk mengelola sebuah tempat penginapan yang berbentuk losmen di suatu tempat di daerah Jogja. Set dan suasana losmen sangat bersih dan teratur, sehingga membuat orang banyak yang penasaran untuk mengunjungi losmen itu sendiri, dan ternyata bener-bener ada, walopun di dalam studio TVRI di Jakarta.
Serial Losmen diciptakan, ditulis dan disutradarai oleh pasangan sineas terkenal Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing, dan dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal seperti : Mieke Widjaja yang berperan sebagai Bu Broto, Mang Udel sebagai Pak Broto, Sutopo H.S. sebagai pelayan losmen, Mathias Muchus sebagai Tarjo (anak Bu Broto), Ida Leman sebagai Mbak Pur, Eeng Saptahadi dan Dewi Yull yang berperan sebagai Jeng Sri. Semua nama tersebut dikenal sebagai aktor, aktris dan sutradara teater handal, dan Losmen dikenal sebagai produk drama serial berkualitas yang menyuguhkan cerita menarik dengan akting berkualitas sekaliber teater. ^^