Si Doel Anak Sekolahan (RCTI 1994)

...anak betawi ketinggalan jaman...,
katenye...
    
     Inilah soundtrack dari sebuah sinetron paling fenomenal pada masa itu. Sebuah sinetron yang paling banyak menyedot perhatian pemirsa kala itu. Sebuah sinetron yang menduduki rating tertinggi tayangan televisi pada zaman itu. Sebuah sinetron yang paling banyak menarik perhatian para pengiklan, dan menjadikannya sebagai sinetron tersukses sepanjang masa di Stasiun RCTI. Sebuah sinetron yang cuma tayang seminggu sekali setiap Malam Selasa sekitar pukul delapan malam, hingga menjadikannya sebagai sebuah tontonan yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya pada saat itu. Dan ini jugalah sinetron yang santun, yang banyak memberikan pesan-pesan moral yang baik kepada para pemirsanya baik tua maupun muda. Ya, inilah Sinetron Si Doel Anak Sekolahan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sinetron SDAS yang ditayangkan untuk pertama di Stasiun Televisi RCTI pada tahun 1994. Disutradarai sekaligus dibintangi oleh aktor kawakan Rano Karno yang memerankan tokoh Si Doel, dan dengan didampingi oleh aktor aktris kawakan lain yang terlibat dalam sinetron ini, antara lain :
1.  Cornelia Agatha berperan sebagai Sarah
2.  Maudy Koesnaedi berperan sebagai Zaenab
3.  Benyamin S (alm) berperan sebagai Sabeni (Babenya Si Doel)
4.  Aminah Cendrakasih berperan sebagai Lela (Nyaknya Si Doel)
5.  Suti Karno berperan sebagai Atun (Adiknya Si Doel)
6.  Mandra berperan sebagai Mandra (Adiknya Nyak atau Mamangnya Si Doel)
7.  Pak Tile (alm) berperan sebagai Kong Ali (kakeknya Si Doel)
8.  Basuki (alm) berperan sebagai Karyo (penyewa rumah kontrakannya Babe Sabeni)
9.  Bendot (alm) berperan sebagai Pak Bendot (mertuanya Karyo)
10.Nunung berperan sebagai Nunung (adiknya Karyo)
11.T.B. Maulana Husni (alm) berperan sebagai sebagai Cang Rohim (Babenya Zaenab)
12.Hj. Tonah berperan sebagai sebagai Nyak Angkatnya Zaenab
13.Hj. Nacih (alm) berperan sebagai sebagai Nyak Rodiyah (Istrinya Kong Ali)
14.Maryati berperan sebagai sebagai Munaroh (pacar Mandra)
15.Djoni Irawan (alm) berperan sebagai Roy (orang yang merasa tersaingi oleh Si Doel)
16.Ahong berperan sebagai Cukong dari Taiwan (yang naksir Zaenab)
17.Adam Stardust berperan sebagai Hans (teman kuliah Si Doel)
18.Tino Karno (alm) berperan sebagai Sape'i (teman kecil Si Doel) 
19.Jaja Mihardja berperan sebagai Jaja (orang kampung yang sok tajir)
20.Rina Gunawan berperan sebagai Atik (teman dekat Sarah)
     Sinetron ini bercerita tentang kehidupan Keluarga Si Doel yang tinggal di pinggiran Kota Jakarta. Sebuah keluarga yang tetap mempertahankan nilai-nilai luhur tradisional Betawi, meskipun hidup di tengah-tengah himpitan arus perkotaan dan gaya hidup yang berkiblat pada faham modernisasi. Cerita sentral dalam sinetron ini adalah kisah persahabatan Si Doel dengan Sarah, sorang anak orang kaya tetapi rendah hati, yang telah menggeser tradisi perjodohan Si Doel dengan Zainab, seorang dara kampung yang cantik dan baik hati, yang acapkali menimbulkan percikan konflik cerita yang unik yang dibumbui oleh kisah asmara dengan beberapa sentilan adegan kocak penuh keluguan yang berasal dari Keluarga Si Doel.
     Sinetron ini terdiri atas 162 episode selama 7 musim. Cerita dalam sinetron ini  adalah versi modern dari Novel Si Doel Anak Betawi karya Aman Datuk Mojoindo dan film dengan judul sama yang disutradarai oleh Sjumandjaja pada tahun 1972. Dalam versi film, Rano Karno juga berperan sebagai Si Doel dan Benyamin S memerankan tokoh Sabeni yang diproduksi oleh Karnos Film.
     Sinetron Si Doel Anak Sekolahan ketika pertama ditayangkan di RCTI, langsung melejit menjadi salah satu acara yang paling diperhitungkan dan sempat mengalahkan popularitas telenovela produksi asing yang saat itu sedang sangat mendominasi kancah pertelevisian Indonesia. Pada tahun 2002, Sinetron SDAS dipindahkan dari RCTI ke Indosiar hingga tamat pada tahun 2006. Sejak tahun 2007, sinetron ini ditayangkan ulang mulai episode awal di Stasiun RCTI hingga saat ini. Begetttooohhh... ^^