The Alpha Team alias the A-Team (TVRI 1983 - 1987)

The A-Team versi televisi
...10 years ago in 1972, 
a crack commando unit was sent to prison 
by a military court for a crime they didn't commit... 
These men promptly escaped from a maximum security stockade to 
the Los Angeles underground. 
Today, they still wanted by the government. 
They survive as soldiers of fortune
If you have a problem, 
if no one else can help, 
and if you can find them, 
maybe you can hire
THE A-TEAM !!!
     Ya, sekelumit kalimat di atas adalah kalimat pembuka dari setiap episode dari Film Serial the A-Team. Film serial ini berkisah tentang 4 orang tentara dari Kesatuan Ranger Amerika yang merupakan Veteran Perang Vietnam, dimana mereka dipenjarakan atas tuduhan kesalahan yang tidak mereka lakukan sama sekali. Namun mereka berhasil melarikan diri dari penjara, dan berbekal keahlian yang mereka miliki masing-masing, mereka terpaksa mencari nafkah dengan menjadi tentara bayaran bagi kaum yang tertindas. Adalah Kolonel John "Hannibal" Smith yang diperankan oleh George Peppard sang pemimpin, yang paling jago menyusun strategi dan paling pintar menyamar, memiliki ciri khas yaitu suka sekali menghisap Cerutu Kuba. Ada juga si pilot gila Kapten "Howlin' Mad" Murdock yang digelari "Crazy Fool" yang diperankan oleh  Dwight Schultz. Lalu kemudian ada Letnan Templeton "Faceman" Peck, si ganteng yang mudah sekali menipu musuhnya dengan mengandalkan ketampanan wajahnya yang diperankan oleh Dick Bennedict. Atau MR. T yang memerankan sosok Sersan Bosco B.A "Bad Attitude" Baracus yang memiliki keahlian dalam hal memodifikasi benda-benda seadanya menjadi sebuah mesin mengerikan, tetapi memiliki suatu kelemahan yang unik yaitu phobia naik pesawat terbang, sehingga teman-temannya harus memukulnya hingga pingsan atau bahkan diberi obat bius agar dia bisa ikut terbang.
     Film serial ini tercipta atas perintah Brandon Tartikoff seorang Presiden Direktur NBC Entertainment pada masa itu, yang menginstruksikan pada seorang penulis Frank Lupo dan produser kenamaan Stephen J. Cannell, untuk memproduksi film serial ini. Frank dan Stephen adalah duet sineas yang telah banyak menghasilkan film-film serial handal semisal  Wiseguy, Riptide, dan Hunter. 
     Pada tahun 2010, Film the A-Team dibuat versi layar lebarnya, dimana sosok Hannibal diperankan oleh Liam Neeson. Aktor ternama Bradley Cooper berperan sebagai Face. Lalu ada juga Quinton Jackson yang berperan sebagai B.A Baracus, dan Sharlto Copley sebagai Murdock. Alur cerita sedikit berubah dari versi serial televisi pendahulunya, dimana the A-Team versi layar lebar diceritakan sebagi veteran pasukan ranger dari Operasi Gurun Pasir atau yang lebih dikenal dengan nama Dessert Storm. Sang produser Stephen J. Cannell membuat film terbaru ini lebih mengarah ke genre film laga serius seperti halnya Film Die Hard yang diperankan oleh Bruce Willis. Kemudian tokoh karakternya dibuat lebih baik lagi bila dibandingkan dengan tokoh pendahulunya pada serial televisi. Film ini disutradarai oleh Joe Carnahan dan ia juga merangkap sebagai screen writer dalam film ini. 
The A-Team versi bioskop
    Kalo dulu, di Stasiun TVRI film serial ini biasa ditayangkan seminggu sekali, pada malam hari yaitu setiap malam Rabu pukul 22.30. Dan tentu saja, seperti yang sudah menjadi kebiasaan apabila sebuah film serial yang mantap dan cuma tayang seminggu sekali, maka sudah pasti film itu menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu dan dinantikan tayangannya pada masa itu. Hmmm... Emberrr... ^^