Voltus V (Choudenji Machine Voltes V)

Woyyy..., anak 90an !!!, masih ingat khan ama lagu ini ?, ni lagu legend banget neehhh di kuping kita anak-anak 90an... Kita-kita yang besar di masa itu pasti tau ama lagu ini... So, ayo kita pantengin dulu video klipnya sebelum lanjut ngeblognya kesono kemari...
Ok... Gimana ? masih ingat khaaannn ?... Hahaha... Klo ingat masa itu, lucu kali lahhhh pokoknya... Jadul kali pooonnn... Hahaha... Ya itulah dia, salah satu legenda anak-anak 90-an, begitu membekas di hati ini, gak bakal ilang buat selama-lamanya...
Yepsss lanjut. Legenda yang saya sebutkan itu bernama Voltus V atau kalo nama aslinya siihh Choudenji Machine Voltes V.
Choudenji Machine Voltes V
Voltus V atau Choudenji Machine Voltes V itu sendiri gak lain adalah lanjutan dari seri sebelumnya yaitu Chodenji Robo Combattler V.
 Chodenji Robo Combattler V
Voltus V adalah serial anime terkenal dari Jepang, dengan jumlah total 40 episode yang pernah ditayangkan, dan untuk pertama kali ditayangkan pada tanggal 4 Juni 1977. Adalah Tadao Nagahama, sang pencipta serial-serial televisi ternama di Jepang. Beliau pulalah yang menciptakan dan menyutradarai serial Voltus V pada akhir tahun 1970an.
Tadao Nagahama
Tokoh-tokoh utama dalam serial ini adalah lima anak muda yang pemberani dalam melawan serangan alien dari Planet Boazania yang dipimpin oleh Prince Heinell. Mereka masing-masing mengendarai satu pesawat khusus yang dapat digabungkan menjadi satu robot besar, dengan teriakan bersama LET'S VOLT IN !!!...

Nah, adapun kelima anak muda pemberani ini bernama :
1. Kenichi Gou
Kenichi Gou adalah pemimpin regu dari pasukan Voltus V. Dia adalah seorang remaja yang jago menembak, juara motocross sejati, dan pilot utama dari Robot Voltus V. Selain itu, dia juga sangat menyenangi segala sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia petualangan. Dia anak sulung dari tiga bersaudara laki-laki, Daijiro Gou dan si bungsu Hyoshi Gou. Selain itu, Kenichi memiliki watak yang tangguh yang diwarisi oleh ayahnya Professor Kentaro Gou. Sepeninggal ayahnya, Kenichi diberikan tanggung jawab dalam menjaga kedua adik laki-lakinya itu. Seragam yang dikenakannya berwarna merah, dan dia mengemudikan Volt Cruiser yang membentuk bagian kepala dari Robot Voltus V.
Kenichi Gou
2. Ippei Mine 
Ippei Mine dikenal sebagai seorang juara rodeo. Dia telah menjadi seorang anak yatim sejak usianya masih kecil. Ibunya tewas ketika berusaha untuk menyelamatkan Ippei dari serangan beberapa ekor serigala yang buas. Setelah kematian ibunya, Ippei tumbuh menjadi anak yang pendiam, berperilaku dingin, dan menjadi pribadi yang suka menyendiri. Ia belajar bagaimana cara tinggal dan hidup di jalanan dengan mencari banyak pekerjaan tambahan. Hidup semacam inilah yang telah menggemblengya hingga menjelma menjadi pribadi yang kuat. Ia belajar mengendarai kuda dan bagaimana cara menggunakan cambuk yang benar, hingga ia menjadi benar-benar ahli dalam hal ini. Dia menemukan teman sejatinya pada seekor kuda putih dari ras stallion, yang diberinya nama Aiful (Alfa). Inilah bukti duet sejati, seorang laki-laki dan binatang buas, menjadikan mereka pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Dari sinilah kemudian Proffesor Hamaguchi mengajak duet Ippei dan Aiful untuk bergabung ke Sarang Burung Elang Falcon Besar, markas besarnya pasukan Voltus V. Ippei mengenakan seragam berwarna biru, dan dia mengemudikan Volt Bomber.
Ippei Mine
3. Daijiro Gou 
Daijiro Gou adalah seorang yang ahli dalam hal siasat pertahanan. Dia adalah seorang yang memiliki kepribadian suka melucu. Tetapi pandangan Daijiro tentang hidup tiba-tiba berubah ketika bapaknya menghilang. Dan untuk mengatasi perubahan drastis pada kepribadian Daijiro, Nyonya Gou, ibunda Daijiro mengirimkannya pada seorang mahaguru ilmu beladiri yang lebih memfokuskan pada ilmu pertahanan diri dan seni meditasi. Daijiro sangat menguasai ilmu bela diri tangan kosong ini. Bersama-Sama dengan sang kakak Kenichi Gou dan adiknya Hiyoshi Gou, Daijiro memulai pelatihan sebagai anggota Regu Voltus V, di markas besar mereka. Daijiro mengemudikan Volt Panzer. Seragam yang dikenakannya berwarna hijau tua.
Daijiro Gou
4. Hyoshi Gou
Hyoshi Gou adalah seorang yang sangat jenius. Hal ini wajar, mungkin faktor genetika turunan dari sang ayah Professor Kentaro Gou. Sejak usianya masih kecil, Hyoshi telah memiliki ketertarikan terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan mekanika, robot, dan keelektromagnetan suatu benda. Kejeniusannya telah diakui oleh banyak professor universitas terkemuka di dunia. Hyoshi memiliki robot gurita ciptaannya sendiri yang diberi nama Tako-Chan. Hyoshi adalah sosok yang tidak pernah mendapatkan cinta dan kasih sayang langsung dari orang tuanya, akan tetapi hal ini telah didapatkannya dari kedua kakaknya Kenichi dan Daijiro. Hyoshi juga memiliki keahlian dalam hal berenang dan menyelam. Oleh karena bakatnya ini, Hyoshi diminta untuk bergabung dengan pasukan Voltus V, yang betugas menangani masalah teknis, terutama untuk pekerjaan pembetulan selama operasi berlangsung. Seragam yang dikenakannya berwarna hijau muda, sedangkan Volt Frigate adalah pesawat yang dikemudikannya yang membentuk bagian paha dan kaki Voltus V.
Hyoshi Gou
5. Megumi Oka
Megumi Oka adalah seorang Kunoichi (Wanita Ninja) dan ahli waris yang ke-18 Kagari Ninja. Megumi menerima latihan khusus ninja sejak usianya masih kanak-kanak. Pada usia 13 tahun, dia telah menguasai gerak refleks kilat dan ketrampilan luar biasa dari ilmu ninja. Dia juga mempelajari seni yang lembut dari ibunya, dan atas bimbingan ibunya, Megumi menjadi seseorang yang tenang namun menghanyutkan dan selalu berada di posisi siap siaga. Megumi selalu menjadi penengah antara konflik pribadi anatara Kenichi dan Ippei. Seragam yang dikenakannya berwarna kuning dengan aksen merah muda yang begitu memikat. Megumi mengemudikan Volt Lander yang membentuk membentuk bagian telapak kaki Voltus V.
Megumi Oka
Ada 3 orang tokoh sentral lain dari serial ini, yaitu :
a.  Professor Kentaro Gou
Professor Kentaro Gou adalah ayah dari ketiga adik beradik Gou bersaudara. Beliau juga ayah dari Prince Heinell, pemimpin Kerajaan Boazania yang penduduknya memiliki ciri khas yaitu bertanduk, musuh pasukan Voltus V. Sebenarnya Proffesor Kentaro Gou adalah alien dari Kerajaan Boazania juga, yang terlahir tanpa memiliki tanduk. Hingga suatu ketika ia melarikan diri dari Planet Boazania dan mendarat ke bumi. Disinilah kemudian dia bertemu dengan seorang wanita cantik yang bernama Mitsuyo, dan menikahinya hingga menghasilkan 3 orang putra yaitu Gou bersaudara. Jadi, sebenarnya antara Gou bersaudara dan Prince Heinell, mereka adalah bersaudara kandung, satu ayah lain ibu.
Professor Kentaro Gou
b.  Professor Mitsuyo Gou 
Professor Mitsuyo Gou adalah penduduk bumi yang menjadi istri dari Professor Kentaro Gou. Mitsuyo Gou tidak lain adalah ibunda dari Gou bersaudara, Kenichi, Daijiro, dan Hyoshi. Dia berjumpa dengan Kentaro ketika Kentaro melarikan diri dari Planet Boazania, dan terjadi pendaratan darurat terhadap pesawat yang di kemudikan oleh Kentaro di bumi. Kemudian Mitsuyo dinikahi oleh Kentaro, dan sebagaimana Kentaro, Mitsuyo adalah seorang ilmuwan, dan saling bahu membahu dengan Kentaro dalam menciptakan Robot Voltus V.
Professor Mitsuyo Gou
c.  Prince Heinell
Seperti pemaparan di atas, Prince Heinell adalah pemimpin Kerajaan Boazania yang terkenal kejam dan bengis. Ia selalu menghalalkan segala cara untuk mencapai ambisinya menguasai bumi dan meluluh lantahkan Voltus V. 
Prince Heinell
Dan masih ada beberapa lagi tokoh-tokoh pendukung lain dalam serial ini, seperti :
1. Professor Hamaguchi
Professor Hamaguchi
2. Jenderal Oka
Jenderal Oka
3. Professor Sakunji
Professor Sakunji
4. Kaisar Zu Zambajil
Kaisar Zu Zambajil
5. Katherine Rii
Katherine Rii
Hmmmm gitu yaaa... Ya gitulah sedikit ulasan tentang film kartun Voltus V, yang dulu di sekitar era tahun 80-an sempat menjadi idola anak-anak di masa itu. Oh ya, ni saya juga kasih bonus buat sobat semuanya, berupa live konser dari Horie Mitsuko penyanyi yang membawakan OST-nya Voltus V pada Acara Super Robot Spirit 2000 Spring Live Concer di Akasaka Blitz, Jepang... Letz cekidot !!!... ^^