Komik Petruk (Komik Jadul Era 80-an & 90-an)

     Dulu di era tahun 80-an hingga tahun 90-an, Komik Petruk paling gampang ditemukan di wilayah di tanah air, semisal di tempat-tempat penyewaan komik yang marak bermunculan pada masa itu, atau di tempat abang-abang yang jualan mainan di depan-depan SD. Ya, Komik Petruk emang sempat booming di Indonesia pada saat itu. Tampilannya yang sederhana, dengan cover kertas artpaper tipis berwarna dan dengan halaman isi dari kertas koran. Konten ceritanya pun sederhana. Cerita bergambar (cergam) yang mengetengahkan cerita seputar hantu dengan dibumbui sedikit unsur "esek-esek", bikin cergam ini menarik untuk dibaca. Kalo di era masa sekarang, komik ini masih dapat ditemukan satu dua buah di warung-warung yang berjualan aneka ragam jajanan serba dua ribu. 
     Ya, sedikit kilas balik pada tahun 60-an, di Indonesia pernah diterbitkan dagelan versi komik dari tokoh punakawan ini. Adalah Indri Soedono komikus yang pertama kali membuat cergam Petruk ini. Beliau adalah komikus yang paling produktif membuat komik Petruk ini di era tahun 60-an hingga tahun 70-an. Nah, melihat animo masyarakat terhadap karya beliau, membuat beberapa komikus lain mengikuti jejaknya, semisal Oerip, Rini AS, Leo, Sopoiki, Tjepi, Ricky NS, dan yang paling terkenal adalah Tatang Suhenra atau yang lebih dikenal dengan nama Tatang S.
     Memang diantara para komikus yang pernah menggarap Komik Petruk, Tatang S adalah salah satu komikus yang paling tenar dan produktif sebagai pembuat komik ini, dan beliau jugalah yang masih tetap bertahan membuat komik ini meski pada tahun 80-an dunia perkomikan di Indonesia mulai meredup. Dia biasa membuat Komik Petruk dengan format sederhana, yang kebanyakan diterbitkan Penerbit Gultom Agency.

     Pada tahun 2011, untuk pertama kalinya dagelan dari Komik Petruk ini dibuat versi film bioskopnya. Film tersebut berjudul Gareng dan Petruk dalam Kisah Super Horror the Movie. Begetttooohhhh... ^^