View-Master (Mainan Teropongan Khas Oleh-oleh Haji dan Umroh)

     Siapa pun yang pulang dari Ibadah Haji atopun Umroh, biasanya bawain mainan yang satu ini sebagai oleh-olehnya. Sebenarnya mainan yang satu ini gak canggih-canggih amat siiihhh... Berbentuk menyerupai teropong dengan tuas tarik yang berada di sampingnya. Ada kartu yang berbentuk lingkaran dengan slide-slide kecil yang berada di sekelilingnya untuk dimasukkan ke dalam mainan ini. Kalo kita mengintip dari teropongnya, dan kita arahkan pada sumber cahaya, maka akan terlihat gambar-gambar yang menarik dari slide-slide kecil tersebut. Biasanya kalo oleh-oleh Haji maka gambar slidenya berupa gambar Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsa, atopun gambar-gambar senada lainnya yang bisa dilihat dengan cara menarik tuas yang ada di samping mainan tersebut. Mo tau nama mainan tersebut ?... Ya, sebut aja nama mainan ini dengan sebutan mainan View-Master.
www.anakmasa90an.com
View-Master Masa Sekarang  
     View-Master adalah nama merek dagang dari produk-produk sejenis dari Streoscope dengan format khusus, serupa dengan View-Master dengan format rol ataupun dengan format berupa piringan dengan slide-slide kecil yang berada di sekelilingnya. View-Master diperkenalkan pertama kali pada tahun 1939, berselang 4 tahun setelah diluncurkannya produk dari Kodachrome Color dari grup Kodak.
      Awalnya View-Master dibuat bukan untuk menjadi mainan anak-anak, tapi diperuntukkan untuk kepentingan medis. Adalah William Gruber, seorang warga Kota Portland, Oregon, Amerika, orang yang pertama kali menemukan View-Master tersebut. Gruber adalah seorang fotografer yang telah menghasilkan karya yang mempesona berupa Alat Optik Victoria yang dikenal dengan nama Streoskop. Karya awal Gruber ini berupa kreasi ilusi tiga dimensi dengan format dua sisi saling bersebelahan. Kemudian Gruber mengutarakan ide ini kepada Harold Graves (Presiden Direktur dari Sawyer's Inc) untuk memproduksi karyanya ini secara massal. Sawyer's Inc adalah sebuah perusahaan yang memiliki spesialisasi pembuat gambar-gambar berukuran kartu pos yang acapkali digunakan sebagai sovenir. Ide sederhana Gruber tersebut adalah memproduksi streoskop portabel yang bisa dipegang dengan satu tangan saja, dan diperuntukkan sebagai sovenir atau oleh-oleh dari perjalanan para wisatawan ke Oregon. Sejak saat itulah, View-Master diproduksi secara massal oleh duet Gruber-Graves dan menjadi mainan fenomenal dan membooming pada masa itu hingga sekarang. Begitchyuuuhhh... ^^
View-Master Buatan Tahun 1950


View-Master Buatan Tahun 1962